WEBLAKU

Tempatnya Belajar Bareng, SUKSES Bareng

Landing Page

Sales Page Anatomy

Apapun gaya dan bentuk formasi desain sales page produk anda jangan sampai melupakan Elemen inti penting ini dalam setiap penawaran produk Anda.

Ini komponen yang penting untuk salespage, Perhatikan

1] Headline & Sub Headline

Biasanya ini berada paling atas dan fungsinya menjelaskan apa yang Anda tawarkan secara singkat.

Headline ini harus dibuat dengan jelas dan menarik perhatian agar siapapun yang melihatnya paham apa yang Anda jual dan mau untuk membaca halaman penjualan lebih lanjut.

 

2] Pembuka

Bagian ini bisa Anda isi dengan menjabarkan fakta dan data.

Misalnya produk yang Anda jual adalah parfum maka Anda bisa uraikan data dan fakta terkait manfaat parfum untuk manusia modern dan sejarah singkatnya atau bahkan statistik pengguna parfum dari usia atau jenis kelamin di negara atau kota tertentu, karakteristik wangi parfum dan sebagainya.

3] Masalah

Anda tuliskan apa saja masalah yang dihadapi orang kebanyakan yang bisa diselesaikan oleh produk Anda.

Misalnya produk Anda parfum, masalah yang bisa dituliskan adalah sulitnya mencari wangi yang sesuai dengan karakter dan kepribadian, kurangnya pengetahuan mengenai manfaat dan cara memaksimalkan wangi parfum, harga parfum original yang mahal dan lain sebagainya.

4] Perkenalkan produk

Disini Anda perkenalkan produk sebagai solusi dari masalah yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Bisa dengan beberapa kalimat yang jelas dan mudah dipahami. Sertakan kelebihannya dan fitur lengkapnya dalam bentuk poin-poin agar enak dilihat dan mudah diingat.

5] Demo produk

Setelah perkenalan singkat mengenai produk dan fitur serta keunggulannya, Anda bisa tampilkan demo cara kerja produk agar pengetahuan calon buyer terhadap produk kita menjadi lebih baik lagi.

Ini bisa berupa video yang mereview secara detil, video cara menggunakan, dan sebagainya.

6] Testimoni

Jika produk Anda sudah dijual lama maka salespage Anda bisa menampilkan testimoni dari para pembeli atau pengguna produk Anda.

Testimoni rill yang datang tanpa diminta tentu lebih baik tapi tidak ada salahnya jika Anda juga meminta pendapat para pembeli mengenai produk Anda.

Jika pendapat mereka positif bisa ditampilkan sebagai testimoni di salespage tapi jika negatif tentu untuk dijadikan saran dan acuan dalam perbaikan produk ke depannya.

Untuk menaikan trust, Anda juga bisa meminta pendapat dari para ahli atau orang-orang yang terkenal di bidang produk yang Anda jual.

Anda bisa berikan produk Anda secara gratis dan mintalah pendapat mereka, tentu disini Anda harus perhatikan masalah etika dalam mengkomunikasikannya ya.

7] Bonus

Untuk meningkatkan keinginan beli dari pengunjung web Anda bisa tambahkan bonus yang manarik.

Usahakan bonus ini bermanfaat dan mereka butuhkan. Boleh yang tidak berhubungan dengan produk utama tapi tentu akan lebih baik jika berhubungan dan menunjang produk utama.

Semakin besar value bonus Anda, maka benefit yang buyer dapatkan juga akan lebih besar.

8] CTA

Call to action dalam salespage sangat penting untuk mengajak orang bertindak dan sekaligus juga berfungsi memberi petunjuk apa yang harus mereka lakukan.

Contoh CTA dalam bentul tombol order dengan tulisan ‘Beli Sekarang Diskon 75% Klik Disini’. Tombol order dengan tulisan seperti itu memudahkan mereka yang tertarik untuk melakukan klik dan segera menuju halaman form order.

9] FAQ

Anda bisa menambahkan Frequently Asked Questions atau pertanyaan yang sering ditanyakan di bagian bawah salespage Anda. Kumpulkan pertanyaan-

pertanyaan penting yang seringkali ditanyakan calon buyer dan tuliskan juga jawaban Anda.

Ini sangat membantu mengurangi banyaknya chat masuk ke CS Anda dengan prtanyaan yang sama. Selain itu FAQ ini dengan strategi tertentu biasa Anda manfaatkan untuk mengangkat keunggulan produk Anda.

10] Kontak

Bagaimanapun secara umum karakter orang Indonesia sebelum membeli sebuah produk secara online adalah menghubungi seller terlebih dahulu.

Entah untuk mengajukan pertanyaan yang tidak terjawab oleh salespage atau hanya untuk sekedar melakukan tes respon seller. Oleh sebab itu sebaiknya Anda tetap mencantumkan kontak yang bisa mereka hubungi dengan mudah.

 

Semoga Bermanfaat.