Menerapkan Prinsip Pareto 80/20 untuk Hidup dan Bekerja yang Lebih Baik

Weblaku – Prinsip 80/20 atau Hukum pareto adalah prinsip yang menyatakan 80% dari suatu kejadian itu disebabkan oleh 20% penyebabnya

Penerapan dan pengaruh prinsip pareto dalam bisnis. Sumber: Pinterest

Contoh: 80% dari kesuksesan yang telah kita capai itu diperoleh dari 20% usaha kita selama ini.

Nah, aturan ini adalah salah satu konsep yang paling membantu untuk kehidupan manajemen waktu. So, prinsip ini penting banget buat Sobat Weblaku yang lagi coba ngembangin karir!

Masih bingung?

Coba perhatiin postingan dari atas lagi pelan-pelan.

Kelebihan prinsip pareto dalam bisnis

Prinsip pareto yang digunakan untuk keperluan bisnis memiliki tujuan akhir untuk meraup keuntungan. Namun, agar lebih spesifik, sebaiknya Sobat memahami lebih detail mengenai asal keuntungan yang dihasilkan prinsip ini.

– Prinsip pareto membantu meningkatkan produktivitas bisnis

Jika perusahaan fokus untuk memaksimalkan 20% dari keseluruhan aktivitas dalam bisnis, tenaga kerja dalam perusahaan tersebut tidak perlu membuang-buang waktu dan energi untuk menyelesaikan lebih banyak tugas. Dengan lebih fokus pada tugas terpenting, pekerjaan yang dilakukan akan lebih maksimal.

– Prinsip pareto memperkuat engagement dengan customer

Misal pada strategi pemasaran dalam bentuk newsletter, perusahaan harus paham bahwa kebanyakan customer hanya akan membaca 20% dari isi pesan. Dengan memahami prinsippareto ini, perusahaan seharusnya fokus pada engagement dan long-term customer dibanding customer dalam jumlah besar namun mendatangkan keuntungan lebih sedikit bagi perusahaan.

– Prinsip pareto sebagai alat identifikasi masalah

Prinsip pareto untuk memecahkan masalah biasanya dilakukan oleh pimpinan perusahaan. Prinsip ini diterapkan dengan cara menelusuri masalah yang ada dalam perusahaan secara keseluruhan, lalu mengidentifikasi 20% dari semua masalah yang sebaiknya diselesaikan terlebih dahulu.

– Prinsip Pareto untuk pengembangan layanan pelanggan

Penerapan prinsip pareto dalam hal ini dapat menunjukkan bahwa 80% keluhan pelanggan yang diterima oleh perusahaan berasal dari 20% produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan. Dengan memahami prinsip ini, perusahaan dapat meningkatkan kualitas layanannya dengan memperbaiki 20% produk yang paling sering memicu keluhan pelanggan.

You May Also Like

About the Author: admin

Name - City
Membeli Product Time