Prinsip Dasar dalam Membangun Landing Page yang Berkualitas dan Mengapa Landing Page Penting

Seorang internet marketer tidak bisa mengandalkan platform gratisan begitu saja seperti media sosial atau blog/web gratis.

Dia harus membangun “rumah”nya sendiri bila tidak ingin digusur tiba-tiba sama pemiliki rumah karena ulah kita yang kurang disukai sama tuan rumah.

Nah, dengan membangun website sendiri kemudian aplikasi landing page untuk produk yang pas, maka lambat laun website menjadi besar dan Anda sebagai pemilik bebas membangunnya.

Seiring bertumbuhnya website perusahaan peranan landing page menjadi wajib untuk menjaring kontak pengunjung dan meningkatkan konversi penjualan selanjutnya.

Maka saat calon pelanggan yang tertarik dengan judul iklan gratisan atau berbayar, kemudian klik link ke halaman website buatlah landing page yang sederhana alurnya sesegara mungkin pengunjung untuk memasukkan email dan namanya.

img by ethinos.com

Fokus pengunjung harus diarahkan pada form penawaran dengan mudah tidak harus mencari-cari ke beberapa link.

Jangan dibuat bingung!

Membuat landing page membingungkan akan membuat pengunjung lari meninggalkan website begitu saja karena kesulitan mencari penawaran tadi meski mereka menginginkannya.

Mereka tidak ingin waktunya terbuang percuma mencari-cari isian formulir dan menginginkan penawaran yang cepat, mudah dan jelas.

Konten yang bagus tidak akan berguna dan sia-sia saja bila tidak diiringin denga penawaran yang bagus pula.

img by landerapp.com

Prinsip Dasar dalam Membangun Landing Page yang Berkualitas

Sebuah landing page yang baik adalah bisa menghasilkan konversi lead subscriber, email, kontak whatsapp, bahkan penjualan sebanyak-banyaknya, tidak peduli apakah dibuat dengan desain yang luar biasa, hosting yang cepat, warna-warni memukau atau segudang fitur unik lainnya.

Landing page harus mengandung unsur-unsur penting yang akan dibahas pada artikel nanti.

Sebelum saya bahas unsur penting sebuah landing page akan saya bahas terlebih dahulu prinsip dasar yang harus dikuasai secara garis besar.

Layout Landing Page

Tidak hanya memperhatikan tampilan desain, warna, dan atraktif saja tetapi juga harus gunakan title dan deskripsi penawaran secara jelas. Jadikan penawaran utamanya terlihat jelas saat mata pengunjung melihat tampilan awalnya.

Sehingga dengan cepat dan efektif dapat menyampaikan pesan penawaran yang ditujukan untuk pengunjung website Anda.

Kolom Isian Formulir

Karena tujuannya mendapatkan kontak pengunjung, maka desainlah kotak formulir eye-catching yang terlihat jelas di atas. Pastikan formulir tersebut sebagai saran interaksi berikutnya sehingga membangun hubungan lebih baik dengan pengunjung.

img by hotdesign.com

Tak lupa juga pastikan isian formulir tidak terlalu panjang dan rumit yang membingungkan pengunjung, ujung-ujungnya membuat visitor malas mengisinya.

Buanglah elemen-elemen yang mengganggu saat pengisian, tempatkan pada posisi yang relevan dalam landing page sehingga visitor terfokus pada formulir tadi.

Plugin Media Sosial

Tak lupa juga tanamkan tombol share ke media sosial dengan plugin atau tombol yang sudah terintegrasi dengan aplikasi/plugin pembuat landing page.

Thank You Page

Setelah visitor berhasil memberikan kontaknya jangan lupa sertakan secara otomatis halaman balasan ucapan terima kasih karena visitor telah rela memberikan kontak.

Akan lebih elegan pula jika anda bisa memberikan oleh-oleh berupa konten yang bisa didownload seperti ebook, webinar, audio-video, software trial atau template/themes. Tentu produk tersebut terkirim secara otomati kepada email pengunjung.

Uji Test A/B Landing Page

Terus amati perkembangan konversi landing page dengan cermat, Anda bisa gunakan Google Analytic atau Facebook Manager. Kemudian gunakan hasil dari pengukuran/pengujian tadi untuk meningkatkan jumlah pengunjung menjadi pelanggan potensial.

Kesimpulan

Sepanjang artikel ini anda sudah mempelajari hal mendasar membuat landing page yang berkualitas, apakah anda sudah siap membuatnya.

Baca juga: Elemen Penting Sebuah Landing Page Berkualitas yang Berhasil Meraup Ratusan Juta Rupiah