Media Utama Bisnis Online Point Penting Kesuksesan Toko Online

Bisnis online sering menjadi solusi terbaik untuk memperbaiki karir Anda yang meredup. Dengan membangun bisnis online milik Anda sendiri, Anda bebas menentukan jalan karir Anda. Agar bisnis online ini sukses, Anda akan membutuhkan website atau toko online tempat dimana Anda menjual produk-produk Anda. Jadi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuatnya. Jadi, bagaimana cara membuat toko online?

1. Produk Anda

Anda harus menentukan jenis produk yang akan Anda jual, yaitu fisik atau digital. Produk fisik biasanya tidak membutuhkan kapasitas server yang besar, karena Anda yang menyimpan produk tersebut di tempat Anda. Namun, bila Anda menjual produk digital, seperti lagu, e-book, game dan lainnya, Anda harus bersiap menggunakan server berkapasitas besar agar proses download pelanggan Anda berjalan lancar.

2. Nama Domain

Tentukan nama domain toko online Anda. Akan lebih baik bila nama domain yang Anda pilih berhubungan dengan jenis produk yang Anda jual. Misalnya, Anda menjual kue kering, Anda dapat menggunakan nama domain Camilan.com, KueKering.com dan lainnya.

3. Desain Tampilan

Selanjutnya, buat desain tampilan yang menarik untuk dilihat. Tetapi, jangan lupakan agar desain website Anda juga membuat pelanggan lebih nyaman dan mudah untuk menggunakan dan bernavigasi di toko online Anda nantinya. Pilih tema desain yang sesuai dengan produk atau tema toko online Anda. Anda juga dapat menggunakan jasa desainer website untuk bagian ini agar hasil yang Anda dapat lebih baik dan berkualitas.

4. Hosting

Hosting adalah hal selanjutnya yang Anda perlu pilih. Gunakan jasa hosting yang sesuai dengan bisnis online Anda. Seperti yang disebutkan diatas, pilih sesuai dengan produk yang Anda jual. Gunakan jasa hosting yang menyediakan kapasitas penyimpanan besar, bila Anda ingin menjual produk digital. Pilih pula paket dengan kecepatan tinggi, agar proses navigasi di toko online Anda berjalan lancar dan mulus, tanpa hambatan.

Biasanya, jasa hosting website ini juga menyediakan jasa pembuatan website beserta SEO. Bila Anda menemukan paket seperti ini, Anda dapat langsung mengambilnya.

 

 

Media di atas merupakan media yang efektis untuk membuat toko online untuk Anda yang mempunyai modal cukup dan ingin benar-benar serius untuk mendalami bisnis online ini.

Namun, bila Anda hanya ingin membuat toko online sebagai usaha sampingan, ada baiknya Anda tidak menggunakan cara diatas, karena memakan banyak biaya. Anda dapat menggunakan cara gratis, seperti dibawah ini.

1. Menggunakan Blog

Ada berbagai layanan membuat blog gratis yang dapat Anda gunakan untuk membuat toko online. Langkah-langkahnya cukup mudah, yaitu:- Membuat akun dan nama blog, seperti JualKeris.Blogspot.com atau jasa pembuatan blog lainnya.- Pilih keyword agar blog Anda mudah ditemukan- Pilih template yang sesuai dengan tema produk atau toko online Anda- Gunakan fitur SEO, seperti membuat artikel mengenai produk Anda, breadcrumb dan lainnya- Pemberian fitur-fitur tambahan, misalnyao Fitur standar statik page yang berisi informasi kontak Andao Fitur lembar pemesanano Fitur cek biayaSemua fitur-fitur ini bisa didapat secara gratis, setelah itu, toko online dari blog Anda sudah siap.

2. Menggunakan Mall Online

Saat ini sudah banyak website yang menyediakan jasa untuk memasarkan produk Anda, misalnya Olx atau Buka Lapak. Gunakan layanan yang Anda suka dan biasanya mereka tidak mengenakan biaya untuk toko online Anda. Menggunakan layanan mall online ini mempunyai banyak keuntungan, seperti:- Transaksi yang aman- Mudah dalam hal pengiriman- Jaringan pasar lebih luas- Tool e-commerce gratis- Dan lainnya

3. Menggunakan Media Sosial

Anda juga dapat memanfaatkan media sosial untuk menjual produk-produk Anda. Mungkin tidak seperti toko online besar yang biasa Anda temui, namun cara ini juga dapat menjadi cara jitu untuk mendapatkan uang. Yang terbaik, cara membuat toko online ini gratis. Anda hanya perlu memiliki akun pada media sosial online tersebut. Setelah itu, pilih nama akun yang sesuai dengan tema produk atau bisnis online yang Anda lakukan. Bila Anda menggunakan Forum Jual Beli dari Kaskus, Anda perlu membuat thread dengan tema produk atau bisnis Anda.Cara Membuat Website Toko Online Gratis, Terbaik Dengan Blogspot SelamanyaCara Membuat Toko Online dengan Blogspot – Bagi teman-teman yang mulai berbisnis online ataupun yang sudah lama berkecimpung berjualan di dunia online mungkin bertanya? Buat apa kita harus membuat toko online karena sudah ada social media seperti Facebook, Instagram, dan Marketplace lainnya.

Memang Social media ataupun Marketplace sangat memudahkan kita untuk berjualan tanpa ada modal, tetapi harus kita fahami bahwa social media maupun marketplace bukan milik kita, di ibaratkan kita numpang promo ataupun buka gerai sementara. Sedangkan toko online yang berbayar yang sudah mempunyai domain sendiri merupakan toko kita sendiri. Itulah gunanya kita harus mempelajari cara buat toko online gratis selamanya.Apakah salah berjualan di social media, marketplace maupun tempat lainnya? Tentu tidak salah malah wajar apalagi anda baru memulai bisnis online, tapi ketika bisnis anda sudah mulai ramai, sebaiknya beralih memiliki toko online. Arahkan pelanggan anda dari social media ke toko online anda.

Buat traffic toko online anda tinggi, bukan tak mungkin anda pun juga bisa mendapatkan income dari iklan yang numpang promo di toko online anda.Artikel ini dibuat oleh admin yang menyediakan jasa pembuatan website dimana dikhususkan untuk anda yang baru memulai bisnis online, walaupun anda tidak familiar dengan website tapi jika anda ikuti tutorial ini dengan perlahan, saya yakin inilah cara membuat website toko online sendiri dengan mudah.Cara Membangun Toko Online dengan Blogspot – Bagi anda ingin membangun sebuah bisnis di dunia internet marketing, maka membuat sebuah toko online tidak boleh anda tinggalkan.

Dengan membangun toko online sendiri, akan membuat kita semakin kredibel dan tentu bisa membangun brands kita.Tapi, sebelum itu maksud judul artikel ini bukan berarti semua dari A-Z kita bahas ya, tapi gambaran umumnya saya coba sajikan dengan sangat lengkap di sini. Oke lanjut,….Sebenarnya kita bisa saja, hanya membangun toko online di media sosial saja, ( misal : Facebook, Instagram dan Twitter ) dan itu juga membuahkan hasil juga…Namun apakah anda yakin hanya seperti itu saja??

Maksut saya, anda yakin hanya akan membangun bisnis anda gitu-gitu saja. Jadi sudah saatnya anda naik level dengan harapan bisnis yang sedang anda jalankan juga semakin menjadi besar dan mulai di kenal banyak orang.Jika sosial media kita konsepnya membangun pasar, maka membangun toko online ( membuat website ) artinya kita membangun toko sendiri. Artinya kita tidak menyewa kios-kios seperti di pasar tradisional, tetapi kita benar-benar punya toko sendiri.

Berarti Membangun Toko Online lebih bagus dari pada sosial media ya??

Nah ini… Masalah kebanyakan para internet marketing ( pemula : termasuk saya) kita sering kali di sibukan dengan hal tekhnis dan tekhnis !! Kita malah jadi lupa bahwa kita ini adalah seorang pengusaha !!

Kita lupa disana. Kita ini hanyalah seorang pengusaha yang berpromosi dengan internet. Artinya internet hanyalah tools, jadi jangan sampai anda di sibukan dengan hal-hal tekhnis saja, anda harus berfikir sebagai seorang pengusaha !!

Jadi kesimpulannya tidak ada yang lebih bagus antara membangun toko online dengan web dan juga dengan sosial media. Semuanya bagus, makanya silahkan gunakan semuanya selama itu bisa membuat bisnis anda semakin berkembang ( karena anda pengusaha ).

Jenis Medium untuk Membuat Toko Online

Ada berbagai medium yang bisa Anda manfaatkan untuk mendirikan toko Anda di internet. Kami akan memberikan berbagai pilihannya pada Anda. Anda bisa menimbang sendiri mana medium yang paling pas dengan kebutuhan Anda sebagai pebisnis. Berikut adalah jenis-jenisnya!

Numpang Jualan Online Lewat e-Commerce

Anda bisa menumpang pada e-Commerce besar yang sudah ada. Apa saja? Ada banyak sebenarnya, beberapa di antaranya adalah JD.id, Tokopedia dan Lazada. Mengenai caranya, pada dasarnya semua aplikasi/website e-Commerce sama.

Anda tinggal mendaftar dengan akun Google/ mendaftar baru lewat nomor telepon maupun email. Jika telah mendaftar, Anda bisa langsung mulai berjualan. Kelebihannya adalah, kegiatan menumpang berjualan ini tidak terlalu susah dikerjakan. Tetapi tentu saja ada juga kerugiannya.

Anda tidak punya kendali penuh atas bisnis Anda. Jika platform di mana Anda menumpang ternyata mengalami masalah teknis misalnya, Anda tentu tak bisa melakukan apa-apa selain menunggu kejelasan dari pihak e-Commerce tersebut.

Jualan Online dengan Social Media

Untuk berjualan di social media, Anda bisa memakai akun biasa selayaknya akun pribadi Anda. Namun, jika Anda menginginkan fitur-fitur khusus pada akun jualan Anda silakan manfaatkan penawaran akun bisnis. Pada Instagram terdapat pilihan Business Account sementara pada Facebook ada Business Page. Mengenai caranya, silakan mencari referensi terkait atau langsung menuju ke menu di akun Anda dan ikuti petunjuknya.

Jualan Online Sendiri Lewat Website

Nah, untuk berjualan lewat website sendiri, Anda perlu melakukan beberapa hal. Pertama, Anda dapat mengatur platform yang bisa digunakan. Anda bisa pakai platform yang populer dipakai orang untuk berjualan, semacam WooCommerce dari WordPress. Mengenai caranya, kami sudah membuat panduan lengkap yang mudah dipraktikkan. Dalam artikel tersebut, Anda bisa mendapatkan tutorial membuat toko online mulai dari instalasinya hingga penempatan produk.

 

Mungkin bagi sebagian besar, membangun toko online sangat memusingkan. Mungkin…Nah tetapi sebenarnya gampang kok, dan tidak sesulit yang anda bayangkan asal anda mau tekun dan tetap terus belajar. Blogspot adalah salah satu platform yang bisa kita gunakan untuk membangun toko online anda.Nah pada kesempatan kali ini, saya akan share bagaimana step-step membangun toko online anda dengan Blogspot.

Langkah #1 Membuat Blog di Blogspot

Langah pertama yang anda harus and lakukan adalah membuah sebuah blog atau website dulu di blogspot. Silahkan pilih Tittle dan URL yang susuai dengan nama produk atau jasa yang akan anda tawarkan.Untuk cara membuat blog di blogspot anda bisa simak di artikel sebelumnya yaitu tentang cara membuat blog di blogspot dan juga kelemahan dan kelebihannya..

Jika blog anda sudah jadi, sekarang ada 2 pilihan. Anda mau yang versi gratisan atau yang versi berbayar.

JIka yang versi gratisan, nanti di belakang nama URL blog kamu masih ada embel-embelnya blogspot ( misal www.namatoko.blogspot.com). Tetapi jika anda mengunakan yang versi berbayar, maka tidak ada lagi embel-embel di nama URL anda. Sehingga yang terlihat misalnya www.namatoko.com

Semua kembali lagi ke anda. Anda yang lebih tahu tentang yang terbai bagi bisnis anda. Silahkan ukur susuai dengan Otak, Tenaga, Waktu dan Uang yang anda miliki.

 

#2 Penuhi Kebutuhan Mesin

Setelah membuat blog, maka langkah selanjutnya adalah memenuhi kebutuhan mesin. Memenuhi kebutuhan mesin ini kalau dalam bahasa internet marketing seriing disebut sebagai SEO on-page.

Soalnya percuma, jika anda membangun toko online tetapi tidak di SEO kan. Sebab tanpa SEO toko anda akan sepi dari pengunjung dan tentu tidak akan terjadi transaksi.

Jadi menurut saya, membangun toko online dan SEO itu adalah satu paket. Jadi tidak bisa dipisahakan. Toko yang sepi ( tanpa SEO ) terjadi sebab anda tidak memberi tahu kalau anda itu sudah membuka sebuah toko.. Jadi jika anda tidak memberi tahu kalau anda sudah punya toko, maka dari mana toko tersebut dapat di temukan.

Jadi apa saya yang di butuhan mesin agar Toko yang kita buka bisa di kenal??

Karena saat ini mesin pencari di dominasi oleh google, maka kita mau gak mau harus mengikuti apa maunya google ( yang penting kita clossing. hehe )

Jadi sebenarnya Google itu hanya bisa membedakan 3 warna yaitu Biru, Hitam dan Hijau.

  • Biru : Untuk Tittle Blog
  • Hitam : Untuk Deskripsi Blog
  • Hijau : Untuk URL blog

Cara Membuat Toko Online dengan Blogspot yang Baik dan Benar

Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh ketika anda memilih membuat toko online dengan blogspot dengan cara yang baik dan benar.

Toko online anda menjadi lebih dipercaya, terlihat benar-benar profesional, ramah pengguna dan ramah terhadap mesin pencari, dapat diakses oleh semua perangkat gadget dengan mudah dan cepat, dan keuntungan terakhir yang pasti anda dapatkan adalah, anda memiliki peluang untuk meningkatkan omzet penjualan toko online anda. Tahap persiapan pembuatan online shop dengan blogspot

Meski tidak serumit bila dibandingkan dengan persiapan membuat atau membuka sebuah toko reguler, membuat blog dengan blogspot tetap memerlukan persiapan.

Persiapan-persiapan yang akan dibahas di bawah ini, diharapkan dapat memahami cara membuat toko online yang akan anda ciptakan dengan blogspot nantinya benar-benar terlihat lebih profesional. Sehingga, pengunjung atau konsumen toko online anda dapat melakukan transaksi dengan yakin.

Menyiapkan nama atau alamat toko online anda

Agar dapat menyiapkan nama atau alamat toko online dengan baik dan benar, maka ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.

Diantaranya sebagai berikut :

  1. Pilih nama atau alamat toko online yang pendek dan mudah diingat.
  2. Hindari penggunaan tanda titik (.) strip dan strip (-) pada alamat toko.
  3. Gunakan brand produk anda.
  4. Pilih nama sesuai kata kunci produk toko online anda.

Contoh pemilihan nama berdasarkan kata kunci produk yang terdiri dari dua suku kata : “Sepatu Keren” Maka nama atau alamat toko online yang bisa anda pilih adalah : Sepatukerenonline, Sepatukerenstore, Sepatukerenshop, Tokosepatukeren, dan masih banyak lagi.

Menyiapkan atau membuat judul dan deskripsi toko online anda

Ini adalah tahap penting selanjutnya setelah persiapan nama sudah berhasil dilakukan.Judul dan deskripsi toko online memiliki peran penting dalam mendongkrak posisi toko online anda di mesin pencari.

Dalam menyiapkan atau membuat judul dan deskripsi toko online yang baik dan benar, sebaiknya anda memperhatikan hal berikut :

  1. Masukan kata kunci pada judul dan deskripsi
  2. Judul jangan terlalu panjang
  3. Buat deskripsi semenarik mungkin, ringkas, padat, jelas dan mengandung kata kunci.

Contoh : Judul toko online sepatu

Sepatu Keren Online Terbaik 2017

Contoh deskripsi :Toko penyedia berbagai macam pilihan sepatu keren pria dan wanita, anak-anak, formal, sport, casual, terbaik edisi 2017 secara online.

Menyiapkan template untuk toko online anda

Google sebenarnya sudah menyiapkan beberapa template blog bawaan (default) untuk blogspot. Hanya saja, saya tidak merekomendasikan dalam tutorial cara membuat toko online ini. Karena, menurut saya kurang keren dan terlalu standard.

Beberapa template bawaan bahkan belum seo friendly, tidak responsive dan belum mobile friendly.

Jadi, saran saya sebaiknya anda menggunakan template yang benar-benar dirancang khusus untuk toko online dan dapat diinstal ke blogspot.

Selama melakukan pencarian atau memilih template toko online, sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal berikut :

1. Pilih template yang seo friendly, mobile friendly, dan responsive.
2. Pilih template yang ringan.
3. Pilih template yang gratis hehehe.

Untuk mempermudah anda, berikut saya sajikan salah satu template blog toko online yang paling saya rekomendasikan, dan tentunya template ini sudah memenuhi semua kriteria seperti yang sudah saya sebutkan di atas.

Boutique, adalah template toko online rancangan Sora Templates yang dapat digunakan atau diinstal pada blogspot.

Tersedia dalam dua versi yaitu gratis dan premium (berbayar), template toko online boutique sangat ringan, simple, lembut, dan 100% responsif.

Menyiapkan logo toko online anda

Logo toko online yang dibuat dengan baik dan benar, terbukti cukup efektif dalam meningkatkan reputasi toko online anda.Dalam menyiapkan logo untuk toko online baru anda, maka anda perlu memperhatikan hal-hal berikut :

  1. Hindari pemakaian efek yang berlebih.
  2. Gunakan font populer seperti Helvetica font.
  3. Gunakan logo yang mewakili toko atau bisnis online anda.

Jika anda memiliki dana khusus untuk keperluan branding, maka saya sangat merekomendasikan anda untuk menggunakan jasa desain logo.

Sementara bagi anda yang memiliki dana terbatas, anda tetap dapat membuat logo profesional untuk toko online anda, dengan cara membuatnya secara online melalui website pembuat logo online seperti :

  • DesignMantic
  • OnlineLogoMaker
  • Logaster
  • LogoGarden
  • Logonut
  • Onlinelogomaker

Menyiapkan foto-foto produk toko online anda

Kualitas foto produk sangat berperan penting untuk menciptakan sales pada sebuah toko online.Setiap pemilik toko online besar dan berpengalaman biasanya sudah piawai dalam menampilkan foto produk, bahkan ada yang sudah menggunakan model.

Nah, saya yang masih merasa sebagai pemula, akhirnya berhasil mengambil beberapa pelajaran setelah berkunjung ke toko online terbesar yang ada di Indonesia. Dan saya berharap anda juga bisa menerapkannya pada toko online anda.

Dalam menyiapkan foto yang berkualitas, maka anda perlu memperhatikan hal-hal berikut :

  1. Gunakan background populer berwarna putih. Agar konsumen lebih fokus ke produk.
  2. Pengambilan foto produk sebaiknya dilakukan pada tempat dengan cahaya yang terang.
  3. Tambahkan logo atau info kontak pada foto produk anda.

Berikut beberapa contoh hasil foto produk yang pernah saya ambil menggunakan kamera handphone android biasa.